Judul : The Coke Machine, The
Dirty Truth Behind the World’s Favorite Drink)
(The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik
Minuman Ringan Favorit Dunia)
Penulis : Michael Blanding
Alih Bahasa : Yulius Erfan
Penerbit : PT Elex Media Komputindo,
Jakarta
Tahun : 2011
Buku yang
ditulis Michael Blanding ini berdasarkan penelitian, terjun langsung ke tempat,
dan berdasarkan sumber data-data lain, dibantu oleh teman-temannya dan
narasumber-narasumber yang dicari langsung, serta didamping oleh istri tercinta
(Alex) yang juga seorang penulis dan mereka saling membantu menulis buku.
Dalam buku
ini secara garis besar isi dilihat dari daftar isi sebagai berikut :
I Bagian Pertama “Semua yang diperjuangkan Amerika”
1. Sejarah Singkat Coke
Tentang leadership di
perusahaan Coke, perintis pertama, lalu penerus pemimpinan/pimpinan perusahaan.
2. Membangun Merk
Menerangkan tentang betapa bagus dan kuatnya marketing perusahaan Coke.
3. Membesar dan Semakin Besar
Perusahaan Coke semakin membesar dengan manajemen dan strategi-strategi
yang bagus, bahkan Coke juga menyiapkan teori sebagai dasar yang kuat.
4. Pertempuran Demi Sekolah-Sekolah
Coke memasang iklannya di setiap sekolah bahkan memberikan alat
pendingin berlogokan Coke. Setelah terjadi permasalahan terhadap berat badan
dan kesehatan, Coke disalahkan dan dianggap soda menjadi penyebabnya. Disinlah
sedikit manajemen konflik dibahas.
5. Kebohongan Air Botolan
Tentang CSR (Corporate Social Responbility) perusahaan.
II Bagian Kedua “Mengajar Dunia untuk Bernyanyi”
6. “iToma lo Bueno!”
Semacam motto yang berarti “minuman terbaik” dengan bahasa Spanyol. Di
sub bab ini mulai dibahas berbagai bad
things tentang Coke.
7. Sirup didalam Pembuluh Darah
Tentang SDM (Sumber Daya Manusia) Coke yang tidak diperlakukan dengan
baik dan terdapat semacam perang dengan SINALTRAINAL (Sindicato National de Trabajaderes
de las Industries de Alimetes) atau serikat pekerja Colombia.
8. Kekuatan Penuh Hukum
Salah satu kekuatan Coke selain pintarnya marketing adalah hukum. Coke sangat pandai berpolitik selain berbisnis.
9. Semua Air di India
Menceritakan tentang perusahaan Coke di India yang tidak peduli terhadap
lingkungan, bahkan merusak. Air di India yang memang sudah keruh, dipereruh
lagi. Perairan sawah untuk pertanian dihabiskan untuk produknya, bahkan
hewan-hewan pun banyak yang mati karena tidak sengaja memakan limbahnya yang
berserakan. Namun Coke menyanggah hal itu adalah salahnya. Alasannya memang
intensitas air hujan di India sedikit dibuktikan dengan berbagai teori dan
pemeriksaan secara langsung.
10. Kasus Melawan “Killer Coke”
Dilakukanlah rekonsiliasi untuk bernegosiasi dan penawaran kepada
pihak-pihak yang menyerang dengan perusahaan Coke namun tidak kunjung selesai
karena semakin banyak ketidak-setujuan. Akhirnya Coke mengambil hati masyarakat
dengan kelihaian ilmu marketingnya,
Coke berjanji untuk mengatasi semua masalahnya.
Dilihat
dari judulnya saja tentu akan menimbulkan pro dan kontra serta negative thinking terhadap perusahaan
Coke. Namun ini hanya sekadar membahasa isi buku. Tidak ada maksud untuk menjatuhkan
salah satu pihak. Tidak mencari yang benar dan yang salah, membaca adalah awal
dari pengetahuan. “Semua dilahap, namun harus dicerna”, bacalah semua buku
namun jangan langsung dipersepsikan ke benar dan salah.
0 komentar:
Posting Komentar